Menu

STAN [Sekolah Tinggi Akuntansi Negara]

  1. FAQ STAN

    985 0 0

    Dimanakah lokasi pendidikan STAN?
    i. Untuk Prodip I di Balai Diklat Keuangan di daerah,
    ii. Prodip III Bea Cukai di Pusdiklat Bea Cukai Rawamangun- Jaktim
    iii. Prodip III spesialisasi lain di kampus STAN Bintaro - Tangerang Selatan.

    Apa saja program studi yang ada di STAN?
    1. D-I Kepabeanan dan Cukai
    - Menghasilkan lulusan Ahli pratama di bidang Kepabeanan dan Cukai
    -Kompetensi:
    o Mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan barang;
    o Melaksanakan administrasi kepabeanan dan cukai;
    o Melakukan pengawasan kepabeanan dan cukai.

    1. D-III Akuntansi /Akuntansi Pemerintahan
      -Menghasilkan lulusan Ahli Madya/Ajun Akuntan di bidang Akuntansi Pemerintahan
      -Kompetensi
      o Memahami sistem akuntansi;
      o Menyusun laporan keuangan;
      o Melakukan analisis laporan keuangan;
      o Melaksanakan rencana audit;
      o Menyiapkan laporan audit.

    2. D-III Kebendaharaan Negara

    - Materi kuliah menyangkut APBN
    - Menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang Kebendaharaan negara
    - Kompetensi:
    o Menyusun dan menelaah dokumen anggaran;
    o Menyiapkan dokumen pelaksanaan anggaran;
    o Melaksanakan pengadaan barang dan jasa;
    o Mengadministrasikan penerimaan dan pengeluaran kas;
    o Mengadministrasikan Barang Milik Negara;
    o Menyusun laporan keuangan.

    1. D-III Pajak/Administrasi Perpajakan
      -Menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang Administrasi perpajakan
      -Kompetensi :
      o Melakukan pelayanan perpajakan;
      o Menyusun laporan keuangan sesuai dengan peraturan perpajakan;
      o Menghitung pajak terhutang;
      o Melaksanakan pemeriksaan dan penyidikan pajak;
      o Melaksanakan penagihan dan penyitaan pajak;
      o Mengopersikan sistem aplikasi perpajakan (SIDJP).

    2. D-III Kepabeanan dan Cukai
      -Menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang Kepabeanan dan Cukai

    - Kompetensi:
    o Melaksanakan pelayanan kepabeanan dan cukai;
    o Mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan barang;
    o Melaksanakan administrasi kepabeanan dan cukai;
    o Melakukan pekerjaan audit kepabeanan dan cukai;
    o Melaksanakan pengamanan teknis operasional di bidang pemungutan bea masuk & cukai;
    o Melaksanakan pencegahan, pelanggaran, penindakan dan penyidikan tindak pidana kepabeanan dan cukai.

    1. D-III Penilai/Pajak Bumi Bangunan
      -Materi perkuliahan sedikit menyentuh perhitungan matematika – fisika
      -Menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang penilai/Pajak Bumi dan Bangunan
      -Kompetensi:
      o Merencanakan pendataan dan penilaian;
      o Melakukan pengumpulan data objek PBB;
      o Melakukan penilaian terhadap properti dan usaha;
      o Menghitung PBB terhutang;
      o Mengadministrasikan dan menatausahakan data PBB dan BPHTB;
      o Mengopersikan sistem aplikasi perpajakan (SIDJP dan SISMIOP).

    2. D-III Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (PPLN)
      -Materi perkuliahan banyak menyangkut hukum
      -Menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
      -Kompetensi:
      o Mengadministrasikan registrasi, verifikasi, pembukuan, penetapan, penagihan, dan atau eksekusi pengurusan piutang negara;
      o Melaksanakan penyitaan;
      o Melaksanakan pelelangan;
      o Melaksanakan penilaian aset dan properti;
      o Melaksanakan pengelolaan aset negara.

    Bagaimanakah system pendidikan di STAN?
    A) Berlaku sistem SKS Paket, di mana mata kuliah yang ditempuh tiap semesternya sudah ditentukan oleh lembaga.

    B) Berlaku sistem Drop Out (DO), yaitu:
    1. Memperoleh nilai D pada Mata Kuliah Umum (MKU) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK), lebih dari 2 nilai D pada Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK), atau nilai E pada semua mata kuliah
    2. IP semester ganjil di bawah 2,4 atau IPK tahun yang bersangkutan kurang dari 2,75
    3. Tidak menghadiri kuliah lebih dari 20% jam efektif, atau 3 kali per mata kuliah dalam satu semester, kecuali ada keterangan sakit rawat inap dari dokter (bisa jadi pertimbangan).
    4. Berbuat curang saat ujian (menyontek, bekerja sama, dll)

    C)Selain itu, terdapat peraturan dislipin perkuliahan diantaranya:
    1. Setiap mahasiswa pria diwajibkan mengenakan kemeja lengan pendek/panjang motif polos, biru muda, abu-abu muda atau krem dan celana panjang warna gelap yang dilengkapi dengan ikat pinggang.
    2. Setiap mahasiswa wanita diwajibkan mengenakan busana/blus lengan pendek/panjang motif polos, biru muda, abu-abu muda atau krem dan rok warna gelap.
    3. Setiap mahasiswa dilarang memakai pakaian yang ketat; bahan jeans dan sejenisnya, berwarna mencolok/motif batik, kotak-kotak atau bergaris.
    Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak disediakan asrama.
    Bagi mahasiswa yang tidak mengikuti ketentuan atau melakukan pelanggaran disiplin dijatuhi hukuman dislipin oleh pejabat yang berwenang menghukum.

    Apakah dalam penerimaan mahasiswa baru STAN ada sistem PMDK?
    Tidak ada, penerimaan mahasiswa baru semuanya melalui Ujian Saringan Masuk (USM) yang diselenggarakan secara serempak di seluruh Indonesia.

    Apakah agar bisa diterima di STAN bisa menggunakan jalur khusus (koneksi) dan dengan uang sumbangan?
    Yang diterima di STAN hanyalah yang memenuhi syarat-syarat dan murni sesuai hasil Ujian Saringan Masuk (USM), tidak ada sistem koneksi, uang sumbangan atau sejenisnya, bahkan anak seorang dosen STAN atau pejabat Depkeu sekalipun pun tidak bisa masuk jika tidak lulus USM. Hati-hati jika ada orang yang menawarkan kelulsan USM dengan membayar sejumlah dana, itu pasti penipuan!!!

    Saya tinggal di Surabaya, apakah dengan mendaftar di Jayapura peluang diterima menjadi lebih besar?
    Kelulusan/diterima atau tidaknya calon mahasiswa antara lain ditentukan hasil Ujian Saringan Masuk (USM) yang dirangking secara nasional, setelah syarat-syarat lain terpenuhi, sehingga mendaftar di tempat pendaftaran mana saja memiliki peluang yang sama.

    Apa saja persyaratan untuk dapat mengikuti USM STAN?
    -Lulusan SMA/MA/SMK (semua bidang keahlian) tiga tahun terakhir
    -Nilai rata-rata UAN+UAS minimal 7,00 dan bukan merupakan hasil pembulatan
    -Memenuhi persyaratan kesehatan / bebas dari ketergantungan narkoba
    -Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000,00
    -Mendaftarkan diri di tempat-tempat yang ditentukan dalam pengumuman
    -Syarat-syarat lain yang ditetapkan dalam pengumuman

  2. Re: FAQ STAN

    985 0 0

    Wah, makasih banyak infonya ya kak, bagus.
    Kak Aria, aku mau nanya, kakak kelasku kan ada yang pernah masuk STAN, tapi dia udah keluar. Katanya kalo mau keluar dari STAN didenda ya kak? Makasih sebelumnya atas jawabannya emofugue/smiley.png

  3. Re: FAQ STAN

    985 0 0

    Kalau keluar dr STAN g di denda koq... kalau MEMBATALKAN IKATAN DINAS setelah LULUS dr STAN baru bayar denda.

    Biaya yang di maksud adalah biaya untuk memperoleh transktip nilai dan sks yang telah di tempuh di STAN biar bisa melanjutkan ke UNIV lain.

  4. Re: FAQ STAN

    985 0 0

    Maksudnya membatalkan ikatan dinas itu gimana?

  5. Re: wisnu

    985 0 0

    Kan dia sekolah pake uang negara.. JADI WAJIB MENGIKUTI IKATAN DINAS yaitu wajib bekerja di pemerintahan aka KEMENKEU dan lembaga terkait... selama 10Tahun. kl di bawah itu harus membayar denda... ya itu karena negara telah membayari dia kuliah bahasa kasarnya.. jadi kl bekerja kurang dari 10tahun di pemerintahan tsb mesti denda 6jt/semester kl g salah. DI kontrak jg mengikat kita harus ikut ikatan dinas. kan ikatan dinas itu yang menjadi daya tarik stan.

    tp ada sebagian mahasiswa yang memilih ke perusahan multinasional asing.. atau nasional raksasa.. karena bayaran gaji yang emang jauh lebih tinggi. dan itu lumayan banyak mahasiswanya... dan biayanya yang membayar denda ikatan dinas justru pihak perusahaan yang merekrut koq emofugue/smiley.png kecuali keluar karena alasan pribadi atau tertentu

  6. Re: FAQ STAN

    985 0 0

    Kalo mau keluar gitu berarti mesti bayar 30juta dong kak? Bisa nyicil nggak?

  7. Tahun 2012 STAN g membuka penerimaan

    985 0 0

    http://www.bppk.depkeu.go.id/index.php/id/usm-stan